Minggu, 17 Mei 2009

Kualitas Minyak Bumi dan Produknya

TK-5030 Teknologi Pengilangan Minyak Bumi: mata kuliah ini berisi tentang teknologi pengolahan minyak bumi di kilang beserta konfigurasi dan operasi-operasi yang terjadi pada kilang minyak bumi.
Uji yang dilakukan terhadap kualitas produk minyak bumi meliputi berbagai aspek, yakni:
1. volatilitas
2. kualitas pembakaran dan penyalaan
3. viskositas
4. titik leleh
5. oksidasi/stabilitas
6. korosi

Sedangkan uji-uji yang dilakukan untuk minyak bumi dan produknya adalah:
1. uji distilasi, mengukur initial boiling point, final boiling point, dengan standar ASTM, Tmax 360C
2. uji tekanan uap
3. flash point: temperatur terendah di mana uap di atas minyak dapat menyala sendiri, fire point: temperatur terendah di mana uap di atas minyak dapat terbakar selama >=5 detik
4. angka oktan (ON) : ukuran kualitas pembakaran bensin, merupakan kemampuan bensin untuk tidak terbakar secara sendirinya sebelum terkompresi secara sempurna, ditunjukkan dengan %isooktan (ON 100) dan %n-heptan (ON 0)
5. performance number: digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang yang memiliki ON>100
6. angka setana (CN): ukuran kualitas pembakaran minyak diesel, kemampuan bahan bakar untuk menyala secara sendirinya dalam udara panas bertekanan, ditunjukkan dengan %heksadekana (CN 200), α-metil naftalena (CN 10), dan heptametil-nonana (CN 15)
Angka setana juga dapat dihitung dengan:
CN = 0,72 x Indeks Setana +10
Indeks Setana = Aniline Point (F) + API/100
API = 141,5/SG -131,5
7. aniline point: temperatur terendah dimana aniline dapat bercampur sempurna dengan minyak, semakin rendah aniline point berarti semakin banyak aromat à CN semakin kecil
8. nilai kalor: GHV dan NHV, GHV = 12400-2100.SG2 [cal/g]
9. smoke point: tinggi api maksimum yang dapat dihasilkan tanpa menghasilkan asap, indikator aromatik

Berikut ini produk-produk utama kilang dan penjelasannya:
1. metana: gas bahan bakar kilang, bahan baku hidrogen
2. etana: gas bahan bakar kilang, bahan baku hidrogen via steam reforming dan bahan baku etilen via steam cracking
3. propana: gas bahan bakar kilang, komponen LPG
4. butane: terdiri dari n-butana, campuran bensin untuk mengatur Puap dan i-butana, komponen LPG dan bahan baku alkilasi
5. bensin: hidrokarbon dengan rentang Td 40-180C, sifat penting: ON (premium 88, pertamax 92), dihasilkan dari proses catalytic reforming, cracking, polimerisasi, alkilasi. Untuk meningkatkan ON dapat ditambahkan MTBE, ETBE, TEL (ON>130)
6. kerosin: bahan bakar jet, minyak tanah, parameter penting kualitas: titik beku, titik nyala, titik asap, aromatik dibatasi
7. minyak diesel: hidrokarbon dengan Td 230-370, parameter penting kualitas: CN
8. minyak bakar residu, arang,aspal, pelumas (parameter kualitas: viskositas)

Pengujian minyak mentah (crude assay: data minyak mentah hasil percobaan laboratorium, berupa kurva TBP dan SG) dilakukan dengan distilasi ASTM
Uji kualitas minyak bumi yang lain: kadar pengotor, SG, titik tuang (semakin rendah berarti kadar aromatik semakin banyak), residu karbon (dinyatakan sebagai CCR-Conradson Carbon Ratio), viskositas.

Klasifikasi fraksi-fraksi minyak bumi, kadar parafin, naften, dan aromatik terdiri dari 2:
1. US Bureau of Mines, dengan Correlation Index (CI), CI = 48640/Td +473,7.SG-456,8; Td [R]
2. KUOP, dengan faktor karakterisasi, KUOP = 1/SG. Td1/3, Td [R]
-Sumber: Diktat Kuliah TK-5030, Dr. Subagjo-

4 komentar:

  1. oh saya baru tahu kalo nilai oktan bahan bakar pesawat lebih tinggi dari 100.

    Hmm ini setahu saya ya (Correct me if I'm wrong): kalo di indonesia, bensin nilai oktan 88, 92, 95 (pertamax plus)

    Tapi kalo di USA, lebih rendah:
    - 85-87 (Unleaded)
    - 89 (Midgrade Unleaded/super unleaded)
    - 92 (Premium)

    Yah istilahnya beda tapi nilai oktannya lebih tinggi Indo daripada USA hehe..

    Dan saya baru tahu kalo Diesel bukan pake ON melainkan CN. Makasih info nya kak, kapan2 dijelaskan lebih detail kalo perlu dilengkapi gambar-gambar, biar lebih siiippp..

    BalasHapus
  2. oh nooo..blog nya laura!!
    isinya berat pisan euy...

    Lauuu..selamat ya teman uda Sarjana Teknik..
    i'm proud of you!!
    Sebagai teman seperjuangan Tangkuban Perahu..hahahaa..
    Aku link blog kamu ya Lauu..

    BalasHapus